Rabu, 09 Maret 2011

SAYA SUDAH MELAKUKANNYA SEBELUM ANDA MEMIKIRKANNYA ^^

Beberapa waktu lalu saya diundang meeting ke kantor salah seorang klien saya. Beres meeting, kami lalu ngobrol-ngobrol ringan tentang berbagai hal. Sampai kemudian salah seorang teman kantor klien saya nyeletuk, “Bu Intan, saya jualan sprei lho. Beli dong..”

“Sprei apaan?” tanya saya.

Si pedagang sprei langsung semangat mempromosikan barang dagangannya, sementara saya malah jadi senyum-senyum sendiri. Lho, kenapa? Ya iyalah, soalnya sprei yang ditawarkan sama persis dengan yang pernah saya jual beberapa tahun yang lalu.. ^^

Emangnya saya pernah jualan sprei? Pernah! Saya gitu loooh.. :-D

Waktu itu Hugo baru masuk play group dan saya lagi seneng-senengnya nganterin dia ke sekolah. Hari-hari pertama sekolah, orang tua siswa masih boleh menunggu di dekat-dekat kelas dan mengintip kegiatan anak-anaknya lewat jendela kelas. Tapi lewat sebulan, kami semua ‘diusir’ –nggak boleh berada di sekitar lingkungan sekolah alias harus nunggu di luar gerbang.

Masalahnya jam sekolahnya Hugo ini nanggung banget, cuma satu setengah jam. Yah, namanya juga masih play group. Kalau saya tunggu di sekolah, lama-lama saya bosen juga (kayak lagunya Audy :-p). Tapi kalau saya pulang dulu lebih repot lagi karena jarak tempuh dari rumah saya ke sekolah Hugo kurang lebih setengah jam. Nanti yang ada, saya baru nyampe rumah udah harus berangkat jemput Hugo lagi dooong.. ^^

Akhirnya saya nurut aja waktu suatu hari berberapa ibu yang anaknya sekelas sama Hugo ngajakin saya ke salah satu pasar yang letaknya nggak begitu jauh dari sekolah Hugo. Sampai di sana saya terkagum-kagum sendiri karena ternyata tempat itu merupakan pusat grosir tekstil, mulai dari handuk, selimut, gordyn, baju tidur, bahan kebaya, sprei dan lain-lain. Teman-teman saya mulai menyebar ke berbagai sudut pasar, sementara saya nyangkut di salah satu kios sprei dan terkagum-kagum melihat aneka motif sprei yang dijual, apalagi setelah tahu harga yang ditawarkan. Murah bangeeeet!

Langsung deh antena di kepala saya bunyi-bunyi. Nggak pakai pikir panjang, saya beli beberapa sprei dengan berbagai ukuran dan motif, tapi nggak banyak karena saat itu saya memang nggak bawa duit banyak. Lah, kan dari rumah saya niatnya cuma nganter anak ke sekolah.. Ngapain juga bawa duit banyak-banyak?

Singkat cerita, jadilah saya pedagang sprei dan bed cover kagetan. Awalnya saya cuma menawarkan dagangan ke saudara dan kerabat dekat. Ternyata laku! Saya gerilya ke teman-teman kerja di luar kantor, eh, makin banyak pesanan.. ^^ Makin semangat deh saya jualan.. Tapi lalu saya mikir, kok pegel juga ya bolak-balik ke pusat grosir tadi cuma untuk melayani segelintir pembeli. Keuntungannya nggak sepadan sama ongkos dan capeknya.

Saya lalu ganti strategi dan mulai melirik penjualan dalam partai besar. Gimana caranya? Cari reseller! Saya hubungi teman, saudara dan kenalan yang bisa dipercaya, yang tinggal di luar kota untuk diajak kerja sama menjual sprei. Nggak tanggung-tanggung, agen majalah saya di berbagai kota pun saya tawarin untuk ikutan jualan sprei. Tentunya saya pilihin dulu yang reputasinya bagus dalam hal pembayaran biar nggak bikin pusing di kemudian hari. Tanpa malu-malu saya mengirim contoh sprei ke mereka dan ternyata sambutannya lumayan. Iyalah, soalnya barang yang saya jual kualitasnya bagus dan harga bersaing. Saya ambil untung sedikit-sedikit aja, tapi kalau menjual dalam jumlah banyak kan jadi lumayan juga dapatnya.. ^^

Untuk urusan ekspedisi, saya nggak perlu repot lagi karena ada ekspedisi langganan majalah yang bisa saya bayar bulan depan. Dalam waktu relatif singkat, usaha jualan sprei saya berkembang pesat. Apalagi saya menambah jenis dagangan karena di pusat grosir tempat saya belanja barang ternyata muncul inovasi-inovasi baru berupa bantal cinta (bantal panjang yang bisa dipakai buat berdua), bantal besar, bantal imut, dan lain-lain. Belum lagi sarung bantal yang dijual terpisah. Udah jadi dagangan baru lagi tuh..

Gimana cara ngirim bantal dan bed cover ke luar kota? Gampang! Masukin dulu bantal atau bed cover-nya ke dalam plastik, lalu sedot angin di dalam plastik dengan penghisap debu. Langsung kempes deh tuh bantal dan bed cover sehingga waktu dikirim nggak ngabis-abisin tempat di dus. Saya belajar hal-hal seperti itu dari penjual sprei yang buka kios di pasar grosir, yang ternyata juga suka kirim barang dalam jumlah banyak keluar kota. Ya, berhubung udah terlanjur nyemplung jadi bakul sprei, saya harus tahu dong ilmu-ilmunya biar acara berdagang lancar jaya.. hehe..

Saya juga mempelajari karakter pembeli di tiap daerah. Di daerah tertentu, pembeli lebih suka sprei-sprei bermotif ramai dengan warna cerah yang hingar binger. Tapi di daerah lain, justru warna-warna kusam yang laris manis jadi idola. Kalau ada sprei yang nggak laku, reseller boleh tukar motif, tapi nggak boleh retur barang. Pendeknya, saya udah mulai pinter deh jualan sprei meskipun baru beberapa bulan menjalaninya.

Berdasarkan catatan yang saya buat, saya pernah meraih untung bersih Rp 4 juta per bulan cuma dengan jualan sprei, bed cover, dan bantal. Lumayan banget kan buat ukuran bisnis iseng-iseng? Sayangnya, pas lagi seru-serunya jualan saya dikomplain suami gara-gara sejak asyik jualan sprei kerjaan saya di majalah agak keteteran. Harus diakui, memang nggak gampang untuk fokus di 2 usaha yang berlainan bidang. Yang satu majalah musik, satunya lagi jualan sprei. Nggak nyambung banget kan?

Di sinilah saya dituntut untuk memilih dan menentukan prioritas; mau jadi tukang majalah apa tukang sprei? Setelah berdiskusi panjang dengan suami, akhirnya saya memutuskan untuk lebih fokus ke tujuan semula, yaitu bisnis majalah. Bukannya jualan sprei nggak asyik, tapi kalau jualan sprei kan yang untung cuma saya sendiri. Sementara di majalah, ada beberapa orang yang ikut menggantungkan hidup di sana. Ya, biarpun nggak banyak, saya sudah punya beberapa pegawai yang harus dihidupi di majalah. Kalau saya nggak serius dengan bisnis ini terus terjadi sesuatu yang membuatnya bubar, gimana dong nasib pegawai saya?

Saya nggak menyesal meninggalkan bisnis jualan sprei itu karena –setelah saya jalani dengan lebih serius dan fokus- ternyata usaha majalah saya berkembang sampai bisa seperti sekarang ini. Saya bahkan bisa merambah ke bidang usaha yang lain, yaitu toko alat musik, rental studio, dan kursus musik yang satu sama lain masih saling berhubungan. Coba kalau dulu saya kemaruk ngejalanin dua-duanya, mungkin malah satu pun nggak bisa saya pegang ^^

Hidup memang penuh dengan pilihan dan saya bersyukur karena pilihan saya saat itu nggak salah. Makanya saya cuma bisa senyum-senyum doang waktu beberapa waktu lalu tiba-tiba ditawarin untuk beli sprei dagangan temannya teman saya. Dalam hati saya bilang, “Saya sudah melakukannya sebelum Anda memikirkannya.” *nyontek tagline iklan semen* :-D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar