Rabu, 28 April 2010

PENGALAMAN MENJUAL RUMAH


Selasa, 27 April lalu untuk pertama kalinya saya menjual salah satu rumah yang saya punya. Pengalaman baru tuh! Kalau beli rumah sih saya udah bolak-balik, udah cukup pengalaman deh. Tapi baru kali ini saya tahu seluk beluk cara menjual rumah.

Ternyata jual rumah gampang-gampang susah ya.. Saya udah niat jual rumah dari pertengahan tahun 2009 lalu, tapi baru berhasil melepasnya April 2010 ini. Dulu saya sempat mencoba memasarkan rumah itu sendiri dengan cara menempel kertas bertuliskan ‘DIJUAL’ dan nomer telepon saya di depan rumah yang akan dijual. Saya juga sempat pasang iklan di koran dan internet. Nggak pakai nunggu lama, respon langsung bermunculan dari mana-mana, tapi paling banyak justru dari marketing agen property yang menawarkan diri untuk membantu memasarkan rumah saya, tentu saja dengan imbalan komisi yang prosentasenya disesuaikan dengan harga rumah. Ada sih satu dua pembeli langsung yang menelpon saya, malahan udah liat-liat rumah dan tawar menawar harga tapi belum ada yang deal.

Awalnya, karena belum terlalu paham dan berpengalaman dalam urusan jual menjual rumah, saya setuju aja waktu sebuah agen property menawarkan untuk kontrak ekslusif dengan agen itu. Maksudnya, saya hanya mengijinkan agen property ini aja yang membantu memasarkan rumah saya, agen property lain nggak boleh ikut-ikutan. Keuntungan sistem ekslusif ini, saya jadi nggak perlu berhubungan dengan banyak agen, cukup mempercayakan semua proses penjualan rumah kepada agen property yang saya tunjuk secara ekslusif. Enaknya lagi kalau kebetulan ketemu marketing yang gencar menawar-nawarkan rumah dan punya banyak buyer alias calon pembeli. Tapi yang terjadi, marketing yang saya pilih ternyata kurang agresif. Saya tunggu beberapa bulan, rumah saya belum laku-laku juga. Boro-boro laku, buyer yang dibawa si marketing untuk dateng ngeliat rumah saya aja jarang-jarang.

Atas saran seorang teman, akhirnya saya ganti taktik dengan mengijinkan semua agen property ikut membantu memasarkan rumah saya (istilahnya ‘open’). Jadi, siapa aja boleh membantu memasarkan, tapi yang berhasil cepat menjuallah yang dapat komisinya. Ribetnya, karena rumah yang akan saya jual dalam kondisi kosong dan kunci rumah saya pegang (nggak mungkin kan semua agen property yang membantu memasarkan saya pinjemin kunci rumah), saya jadi harus bolak-balik ke rumah itu setiap kali ada marketing datang membawa buyer untuk melihat rumah. Mending kalau saya lagi nggak ada kerjaan. Lagi meeting sama klien atau nonton bioskop sama Hugo, tiba-tiba ditelpon marketing diminta mengantar kunci rumah saat itu juga karena ada buyer datang sempet beberapa kali bikin saya bΓͺte.

O ya, waktu memutuskan untuk memakai jasa agen property, saya diminta mengisi dan menanda tangan formulir yang berisi data property yang akan dijual, seperti alamat property, luas tanah, luas bangunan, status sertifikat (hak guna bangunan atau hak milik) dan sejenisnya. Untuk harga rumah di bawah Rp 1 milyar, biasanya agent property menetapkan komisi sebesar 3% dari harga jual rumah saat transaksi dan 2,5% untuk harga rumah di atas 1 milyar, tapi bisa berubah, tergantung kesepakatan antara pemilik rumah dan si marketing.

Sama seperti waktu beli, jual rumah pun saya kena pajak. Dulu saya cuma kenal istilah pajak penjual dan pajak pembeli tapi nggak terlalu ngerti hitung-hitungannya (waktu beli rumah kan selalu langsung ke pengembang, jadi pasrah aja disuruh bayar ini itu karena saya anggap udah bagian dari biaya beli rumah). Nah, gara-gara jual rumah, sekarang saya jadi ngerti maksudnya istilah itu. Pajak pembeli adalah pajak yang harus dibayarkan seseorang saat ia membeli rumah, jumlahnya dihitung dari total NJOP (Nilai Jual Obyek Pajak) – Rp 30 juta x 5%. Sementara pajak penjual dibayarkan oleh si penjual rumah, jumlahnya lebih besar karena dihitung total NJOP x 5%. Buat yang belum tahu, NJOP rumah kita (tanah dan bangunan) bisa dilihat di lembaran PBB (Pajak Bumi dan Bangunan).

Selain pajak penjual, biaya yang harus disiapkan saat kita menjual rumah adalah biaya legalisir pajak, cek sertifikat, dan komisi untuk marketing kalau kita menggunakan jasa agen property. Buat pembeli rumah jangan keburu GR dulu.. Biarpun pajak yang harus dibayar lebih kecil dibandingkan pajak penjual, tapi pembeli rumah kena biaya AJB + balik nama, legalisir pajak, PNBP untuk AJB, SPS APHT, dan APHT + SHT. Ribet ya? Sebetulnya nggak juga sih karena semuanya sudah diurus sama notaris. Kita tinggal duduk manis dan bersiap pegal-pegal tangannya karena harus menanda tangan segepok berkas pada saat proses jual beli berlangsung.

Ternyata bener kata banyak orang selama ini, beli dan jual rumah itu cocok-cocokkan, jodoh-jodohan. Harga udah cocok dan pembeli udah suka rumah saya, kalau nggak jodoh adaaaa aja halangannya. Sebaliknya, kalau memang udah jodohnya, rumah bisa begitu gampang dan cepat berpindah tangan.

Itu yang terjadi dengan rumah saya. Suatu hari salah satu marketing agen property mengantar marketing seorang buyer keliling-keliling di komplek perumahahan tempat saya tinggal. Si buyer memang lagi cari-cari rumah di sekitar situ. Dibawa ke beberapa rumah, si mbak belum merasa sreg. Tapi begitu melihat rumah saya, dia langsung suka, bahkan sebelum melihat bagian dalam rumah karena marketingnya belum janjian sama saya untuk melihat rumah pada hari itu dan kebetulan saat itu saya lagi di luar kota. Begitu esoknya ia melihat bagian dalam rumah saya, ia langsung mantap untuk membeli dan langsung mentransfer tanda jadi tanpa harus melewati proses tawar menawar yang alot. Proses pengajuan KPR berjalan lancar. Maka, jadilah 27 April kemarin salah satu hari bersejarah buat saya karena untuk pertama kalinya saya punya pengalaman menjual rumah.

20 komentar:

  1. waduh, enak ya mba. Aku juga dari tadi baca2 terus. Kayanya bacanya asik banget, karena ini pengalaman pribadi ya mba.

    Salam kenal,

    jasa translator

    BalasHapus
  2. Habis berapa mbak pakai jasa notarisnya ?

    Soalnya gua juga lagi mau jual rumah.

    BalasHapus
  3. gak harus gitu juga kali

    BalasHapus
  4. Terima kasih artikelnya kak. Kalau mau lihat contoh model desain rumah minimalis bisa lihat di blog saya :)

    BalasHapus
  5. pakai agen apa aja kalo boleh tau? soalnya sy jual rumah ga pake agen susah lakunya. mau coba pakai agen tapi bingung

    BalasHapus
  6. Mohon bantuanya, pake agen apa ya yg profesional biar rumah saya cepat laku terjual. Tks

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum....adakah yg sedang cari rumah di daerah cikarang.tepetnya di perum Gramapuri persada blok j8/58 rumah sudah full renof.dengan 3kamar tidur dan 2kamar mandi.air jetpuum.yg berminat silakan bisa hubungi;085719247286 via wa

    BalasHapus
  8. 😎 Bergaya Sambil Mencari Pahala, Kenapa Tidak 😎
    .
    Dengan Kaos Dakwah dari Gootick Apparel yang akan membuat penampilan teman-teman pasti berbeda dari yang lain 😍😍😍
    .
    Dengan bahan Material dari Catton Bamboo yang memiliki kualitas tidak perlu di ragukan dan Sablon yang Rapih dan Kuat. Baca Terlebih dahulu kelebihan dari Cotton Bamboo

    Tersedia 5 tulisan bermakna Islami dan pilihan warna yang pastinya cocok di pakai untuk kegiatan sehari-hari yang akan terlihat Elegan dan Simple, Rapih dan Pastinya Keren.
    .
    "Promo HEMAT" Harga Normal Rp.100 K dan dapatkan potongan diskon harga sebesar Rp. 30 K.
    .
    Untuk informasi pemesanan silahkan klik link dibawah ini:

    Jual Kaos Dakwah
    Testimoni di >>>Instagram<<<:
    .
    Tunggu apalagi Langsung Ambil Promonya selagi masih Tersedia


    Mau Cari Bacaan Cinta Generasi Milenia Indonesia mengasikkan, disini tempatnya:
    Fashion

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Super bnget gan software sadap berguna bnget ama ane yg lgi butuhin, the best pkoknya www.peretas-ku.blogspot.com jasa jual beli software hack whatsapp ampuh terjamin privasi jga hrga ama kwalitas gak mngecewakan!!!

    BalasHapus
  12. Bismillah.. Numpang jual rmh siapa tau ada jodohnya, rmh pribadi di cibitung full renov lokasi strategis..
    Over cash kpr siap bantu, info lebih lanjut 081297102740

    BalasHapus
  13. Bismillah.. Siapa tau ada yg berminat di jual rumah dijl.bendungan melayu no.32 rt012rw05 jakut (081932120022 )

    BalasHapus
  14. Bismillah,,, Semoga ada yang berminat saya ingin menjual rumah di jl. Trip Jamaksari gang nila no 21 cinanggung ,kota serang ,Banten Letaknya strategis Deket tengah kota jadi mudah kemana aja (081315143030)

    BalasHapus
  15. klo jual saya prefer jual sendiri, malah klo bisa sy yg jadi marketing nya, hehe. krn jaman sekarang mudah masarin rumah sendiri, banyak situs & aplikasi, ada grup wa, telegram yg bisa dipakai. kecuali klo mau kontrak baik nya pakai agen, krn continue nanti dia yg ngurus rumah kita bulan ke bulan nya/tahun nya.

    BalasHapus
  16. http://www.krishandsoftware.com/blog/453/pajak-saat-jual-beli-rumah/

    semoga bermanfaat

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

  18. Jual tenda murah,jual tenda lipat,jual tenda event,jual tenda murah tangerang,jual tenda murah bekasi,jual tenda murah jakarta,Jual tenda sarnafil,tenda event,tenda promosi,tenda bazaar,tenda wedding,tenda sarnafil 3x3,tenda sarnafil 4x4,tenda sarnafil 5x5,tenda sarnafil jakarta,tenda sarnafil tangerang,tenda kerucut
    Hubungi kami di Ruko cendana Raya 15A tangerang
    Tlp/wa: 081112300319/085100463227

    https://www.tendaroderindonesia.com/
    https://id.pinterest.com/tendaroderindonesia14/_saved/
    https://twitter.com/tendaindonesia
    https://www.kaskus.co.id/@juragantenda14/
    https://www.facebook.com/Tenda-roder-bandung-1797173960575017/
    https://www.facebook.com/Tenda-roder-tangerang-158815081417911/
    https://www.facebook.com/tendaroderjakarta/
    https://www.facebook.com/produksitendaroder/
    https://tendaroderjakarta.blogspot.com
    http://tendatangerang16.blogspot.com/

    BalasHapus