Kamis, 22 Oktober 2009

TANTANGAN PERTAMA

Di postingan sebelumnya, saya sudah perna cerita kalau sekarang saya nyoba bikin usaha baru; buka toko alat musik. Dulu saya pikir tantangan terberat buka usaha baru adalah keberanian memulainya. Berdasarkan pengalaman, untuk mulai usaha sendiri kita memang harus rada nekat dan berani keluar dari pakem-pakem standar, tapi tentunya tetap harus penuh perhitungan. Saya sudah pernah mengalami tahapan itu, jadi seharusnya nggak ada masalah dong. Dengan penuh percaya diri, saya pun terjun memulai bisnis baru ini. Hajaaar! :D

Tapi bisnis majalah sama bisnis toko alat musik ternyata beda banget. Tempat usaha sudah ada, barang yang dijual sudah tersedia, brosur promosi sudah disebar, iklan pun sudah dipasang di beberapa majalah yang saya anggap tepat sasaran. Semua beres kan? Seharusnya, toko saya mulai ramai didatangai pembeli dan penjualan meningkat. Tapi ternyata nggak.

Beberapa hari setelah brosur tersebar & iklan muncul di majalah, memang mulai banyak orang menelepon sekedar nanya merk-merk apa aja yang dijual atau minta petunjuk jalan menuju toko. Ada 1-2 orang yang bertransaksi, tapi kebanyakan datang cuma untuk lihat2 dulu. Tiga minggu berlalu, omzet toko saya masih jauuuh banget di bawah target yang diharapkan. Apakah saya putus asa? Nggaaak.. saya cuma malu aja sama temen2 yang sudah men-support barang habis2an... :p Kan nggak enak juga kalau barang2 yang mereka titipkan di toko saya nggak laku-laku. Ntar saya dikira nggak serius jualannya.. :)

Saya mulai menghadapi tantangan pertama; ternyata buka toko alat musik bukan cuma perkara jualan barang. Ada tokonya & lengkap barangnya, kalau nggak ada yang beli sama juga bohong. Saya harus memikirkan bagaimana caranya membuat toko dikenal orang, terutama biar barang dagagangan laku. Setelah bertapa di bukit kapur, saya jadi kepikiran mungkin faktor tempat yang bikin orang malas atau bingung mau datang ke toko saya (harus ngelewatin 2 pos satpam gitu loh..) Kalau buka toko di mall atau ruko di pinggir jalan, mungkin orang2 lebih cepat tahu ada toko musik baru. Tapi kalo tokonya nyelusup di dalem komplek perumahan, memang perlu usaha ekstra untuk membuatnya dikenal banyak orang.

Peluang muncul waktu saya dateng ke arisan ibu2 komplek. Di situ saya sempat ngobrol-ngobrol sama seorang ibu yang kerja di Bank Permata. Dia cerita kalo kantornya bakal ngadain acara 'Fun Day' untuk seluruh karyawan Bank Permata Jabodetabek. Acara puncaknya tanggal 24 Oktober '09, tapi sebelumnya akan ada bazzar seminggu penuh di pelataran gedung Bank Permata di Bintaro Jaya sektor 7. Saya langsung nanya2 gimana caranya ikut bazzar itu, dan nggak pake mikir lama, Senin (19/10-09) sampe Sabtu (24/10-09) ini saya sudah terdaftar sebagai salah satu penyewa stand di bazzar itu. Selain jualan, tentunya saya akan bagi-bagi brosur biar orang2 'kenal' toko musik saya...

Bakalan sibuk seminggu ini. Tapi saya menjalaninya dengan senang hati dan penuh semangat! Doain moga-moga dagangan saya laris yaa.. Kalo ada teman2 yang tinggal di sekitar Bintaro (yang tinggalnya jauh juga boleh loh..) lagi butuh alat musik, jangan malu-malu mampir. Nanti saya sambut pake umbul2 dan tari2an deh.. D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar