Jumat, 23 Oktober 2009

SELANGKAH LEBIH MAJU

Di mana ada kemauan di situ pasti ada jalan. Itu pepatah bener banget loh.. Saya mau bersusah payah & panas-panasan dagang alat musik di bazzar yang digelar di pelataran parkir kantor pusat Bank Permata di Bintaro sektor 7, ternyata dari situ saya dapet jalan untuk melancarkan usaha..

Padahal keputusan saya untuk jualan alat musik di bazzar itu sempet bikin beberapa kenalan 'terharu'. Hari pertama jualan, teman kuliah suami yang ternyata kerja di bank itu (dan tahu kalau kami punya majalah) sampe mengira bisnis majalah kami bangkrut waktu ngeliat kami berdua jualan gitar. "Majalah lu nggak jalan ya? Nggak terbit lagi?" tanyanya dengan wajah iba. Kami cengar-cengir aja. Kalo ada peluang yang menguntungkan, kenapa nggak dicoba? Nggak harus nunggu usaha yang lama bangkrut dulu dong untuk melirik peluang baru... Saya sama sekali nggak mikirin gengsi. Yang penting apa yang saya lakukan nggak ngerugiin orang lain. Perkara orang jadi punya penilaian lain tentang saya, itu mah urusan mereka.

Nggak terasa udah 4 hari saya jadi 'pedagang asongan'. Hasilnya menggembirakan. dan bikin semangat makin membara (kayak mau perang aja.. :D). Hari pertama aja keuntungan hasil penjualan udah bisa buat nutup biaya sewa stand. dan biaya operasional. Hari kedua penjualan meningkat. Suami sampe bela-belain 2 kali pp ke Bandung buat belanja karena kehabisan stock beberapa barang dagangan. Nggak nyangka, jualan alat musik bisa laris manis begini.. :-)

Tiap hari stand saya rame banget dikerubutin karyawan Bank Permata yang ternyata banyak yang hobi ngeband. Saya sampe perlu menurunkan bala bantuan (karyawan majalah saya) untuk ikut jaga stand. Kewalahan banget soalnya. Kalo lagi rame2nya pengunjung, (biasanya pas jam makan siang) saya mau minum aja sampe nggak sempat! Ada aja yang nanya2, pengen nyobain gitar, bass atau ampli, dan melakukan transaksi. Lucunya, kalo ada yang beli biasanya dia bakal ngomporin temen-temennya untuk ikutan beli. Kebanyakan pembelinya bapak-bapak, tapi ada juga ibu-ibu yang ikut nimbrung. Ternyata bapak-bapak kalo lagi kalap belanja 'mengerikan' juga loh. Ada yang nekat borong gitar, bass, ampli gitar, ampli bass & besoknya masih mondar-mandir di stand saya karena naksir drum!

Masih ada sisa 2 hari lagi untuk jualan di bazzar ini. Harus siap-siap nih, kabarnya Sabtu, 24 Okt ini seluruh karyawan Bank Permata se-Jabodetabek beserta keluarganya bakal tumplek semua di situ karena ada acara Fun Day yang ada panggung musiknya. Saya optimis penjualan alat musik saya bakal meningkat pesat di hari itu. Untung kemaren saya mau nyoba dagang di sini. Kalo saya diem2 aja cari aman jualan di toko, yakin banget barang yang laku nggak bakal sedahsyat ini. Saya juga nggak akan pernah tau kalo bazzar seperti ini bisa mendongkrak penjualan sekaligus membuka jalan saya untuk selangkah lebih maju dalam menekuni usaha yang masih relatif baru. Dikit-dikit mulai ketemu celahnya nih..

Saya kebantu banget karena acara ini di-support penuh sama koperasi karyawan bank permata. Jadi, karyawan bank yg tertarik beli alat musik saya nggak perlu bayar tunai Cukup ngisi formulir yg disedian koperasi, mereka bisa nyicil alat musik sampe 12x dengan sistem potong gaji. Sama pihak koperasi, barang-barang yang dibeli karyawan langsung dibayar lunas ke saya. Bener kan, kalo ada kemauan pasti deh adaaa aja jalannya..

1 komentar: