Senin, 04 April 2011

SEBETULNYA USAHA IBU APA?

Ini cerita kisah nyata yang saya alami sendiri, sama sekali nggak ada rekayasa di sini. Saya membagikan cerita ini sekadar untuk sharing, ternyata nggak semua marketing kredit di bank cukup cerdas untuk diajak bekerja sama. Maka berhati-hatilah kalau mau cari pinjaman ke bank. Bank-nya boleh jadi besar dan bonafit, tapi kalau ketemu oknum petugas yang culun, bisa-bisa tujuan awal kita mengajukan pinjaman bisa berubah menjadi keinginan untuk menimpuk si petugas pakai sendal hehe…

Beberapa waktu lalu, saya sempat mengajukan pinjaman modal usaha ke bank dan sungguh apes, saya dibantu marketing yang nggak cuma lemot tapi juga dogolnya minta ampun. Saya bukan baru sekali ini ngutang ke bank. Sebelum-sebelumnya, proses pengajuan pinjaman sampai akhirnya dana cair bisa dibilang selalu berjalan lancar. Tapi baru kali ini saya nemu petugas bank yang bikin saya emosi jiwa membara di dalam dada.

"Alamat percetakan Ibu dimana?" tanya Mas marketing kredit dari sebuah bank swasta yang penampilannya doang rapi dan selalu berdasi, tapi kayaknya otaknya sering ditinggal-tinggal di taksi. Busyet deh, padahal dia sudah tiga kali bolak-balik survey ke tempat usaha saya.

"Saya nggak punya percetakan. Usaha saya penerbitan dan distribusi majalah," sahut saya sabar. Hari itu cuaca cerah. Sebelum berangkat ke kantor saya juga nggak dapat firasat apa-apa.

"Tapi majalahnya dicetak kan, Bu?" tanya si marketing dengan tampang sok tahu.

"Ya iyalah, tapi proses cetaknya saya order ke percetakan."

"Berarti Ibu punya percetakan dong?”

“Nggak, percetakannya punya orang lain. Saya cuma order cetak di situ.”

“Kalau begitu berarti bukan Ibu yang bikin majalah?”

“Loh, yang bikin majalah saya dan karyawan saya di kantor. Mereka cari berita dan mendesain lay out-nya, setelah itu baru dibawa ke percetakan untuk dicetak jadi majalah. Selesai cetak, majalah yang sudah jadi dikirim balik ke kantor saya untuk didistribusikan ke agen-agen.”

“Tapi kan bukan Ibu yang mencetak..” Si Mas masih ngotot..

“Ya memang bukan saya. Dari awal kan saya juga nggak pernah ngaku-ngaku kalau usaha saya percetakan.” Saya mulai emosi.

“Kalau begitu, berarti usaha ibu bukan bikin majalah. Kan bukan Ibu yang mencetak majalahnya...” Tanpa merasa bersalah, si Mas marketing mengucapkan kalimat yang bikin saya heran, kok bisa-bisanya ya bank swasta sebesar itu mempekerjakan marketing seculun ini?

“Mas, nggak semua penerbit buku juga punya percetakan sendiri. Mereka cari naskah yang layak dijadikan buku, setelah selesai diedit dan di-lay out naskahnya juga dicetak di percetakan punya orang lain. Tapi kalau pemilik penerbitannya ditanya usahanya apa, ya penerbitan buku, bikin buku. Makanya ada istilah ‘isi di luar tanggung jawab percetakan’ segala. Karena percetakan juga belum tentu menerbitkan sendiri buku yang mereka cetak,” jawab saya panjang lebar.

“Ooo.. saya tahu…” ujarnya dengan nada riang. Saya menarik nafas panjang sambil ngipas-ngipasin kepala yang mulai berasap. Tapi kalimat selanjutnya si lemot bin dogol ini bener-bener bikin saya sulit mengendalikan emosi. “Berarti Ibu usahanya bukan bikin majalah, tapi pencetus ide doang. Kan Ibu cuma mencetuskan ide apa aja isi majalahnya. Tapi yang bikin majalah percetakan. Begitu kan, Bu?”

Saya langsung naik darah beneran. Terserah elo dah, gerundel saya dalam hati. Mau dibilang usaha saya jualan kacang bawang, semir sepatu, apa tambal panci juga suka-suka elo!

Percakapan siang itu seketika memantapkan niat saya untuk cari pinjaman ke bank lain. Bank kan mitra pengusaha untuk maju bersama. Gimana usaha saya mau maju kalau bermitra sama bank yang marketing kreditnya bahkan nggak paham bidang usaha calon nasabahnya!

11 komentar:

  1. Hadoohhh, bisa ya ada org pandirnya kek gitu, marketing kredit bank lagi, ck..ck..ck..ck..

    BalasHapus
  2. hahaha...dulu, gimana tu org lolos recruitment yah?.. bicarax aja msh lebih bagus org di pasar.. org ini cerminan ketidak siapanx dlm soal akademik dan attitude dlm profesix... mba cuman berada dlm tmpat dan org yg salah..wkwkwk

    BalasHapus
  3. @ maya : iya.. ketemu marketing kayak gini gimana saya nggak tergoda untuk ngelempar sendal coba? :D

    BalasHapus
  4. @ achim : hahaha.. untung nggak sering2 ketemu orang kayak gini.. cuma sekali2 doang sih gpp deh biar hidup lebih berwarna..

    BalasHapus
  5. Halo,
    Apakah Anda secara finansial turun? Mendapatkan pinjaman sekarang dan menghidupkan kembali bisnis Anda, Kami adalah kreditur yang dapat diandalkan dan kami memprakarsai program pinjaman ini untuk memberantas kemiskinan dan menciptakan kesempatan untuk hak istimewa yang kurang memungkinkan mereka membangunnya sendiri dan menghidupkan kembali bisnis mereka di tahun baru ini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi kami via email: (gloryloanfirm@gmail.com). Isi formulir Informasi Peminjam di bawah ini:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Jenis Kelamin: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan: _______
    Durasi pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor ponsel: ________

    Mohon mengajukan permohonan untuk perusahaan yang sah.

    BalasHapus
  6. Hai!!!
    nama saya adalah Dr. Robert West, saya adalah pemberi pinjaman pinjaman dan direktur pengelola perusahaan pembiayaan opsi Westrade, perusahaan keuangan terdaftar dan terkenal dengan situs resmi yang disetujui perusahaan tempat kami menawarkan pinjaman kesempatan hidup untuk individu dan organisasi perusahaan di sekitar dunia. kami adalah organisasi pinjaman peminjaman keuangan terkenal di dunia dengan sertifikasi layanan keuangan, terdaftar dan diakui secara global, di perusahaan pembiayaan Westrade Option, Kami mengkhususkan diri pada pinjaman perumahan untuk pembelian real estat dan penyerahan kembali. Jika Anda mencari pinjaman hipotek berlisensi, pinjaman pribadi, pinjaman perumahan, pinjaman modal dengan bunga yang sangat terjangkau sebesar 2%, maka Anda berada di perusahaan yang tepat untuk kebebasan finansial Anda .. hubungi kami hari ini.
    hubungi kami hari ini via email: robertwestradefinancefirm@gmail.com
    Yang kita butuhkan adalah informasi Anda dalam format di bawah ini
     
    DETAIL PEMOHON
    1) Nama Lengkap:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) Jenis Kelamin:
    5) Status Perkawinan:
    6) Pekerjaan:
    7) Nomor Telepon:
    8) Posisi saat ini sebagai pengganti pekerjaan:
    9) Pendapatan bulanan:
    10) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan:
    11) Durasi Pinjaman:
    12) Tujuan Pinjaman:
    13) Agama:
    14) Sudahkah anda melamar sebelumnya:
    15) Nama Facebook:
    16) Nomor Whatsapp:
    17) Instagram Username:
    18) Apakah Anda berbicara bahasa Inggris:
    19) Tanggal lahir:

    Bila Anda mendaftar bersama kami, Anda mendaftar dengan perusahaan tepercaya yang peduli dengan kebutuhan finansial Anda. Kami akan mengurus Anda melalui keseluruhan proses
    Kami akan selalu melakukan yang terbaik untuk menentukan apa yang dapat Anda bayar dengan nyaman dengan mempertimbangkan keadaan keuangan pribadi Anda saat ini dan kemudian menetapkan jumlah pinjaman Anda sesuai dengan itu. hubungi saya via
    Email: robertwestradefinancefirm@gmail.com

    Salam
    Dr Robert West

    BalasHapus
  7. Hai!!!
    nama saya adalah Dr. Robert West, saya adalah pemberi pinjaman pinjaman dan direktur pengelola perusahaan pembiayaan opsi Westrade, perusahaan keuangan terdaftar dan terkenal dengan situs resmi yang disetujui perusahaan tempat kami menawarkan pinjaman kesempatan hidup untuk individu dan organisasi perusahaan di sekitar dunia. kami adalah organisasi pinjaman peminjaman keuangan terkenal di dunia dengan sertifikasi layanan keuangan, terdaftar dan diakui secara global, di perusahaan pembiayaan Westrade Option, Kami mengkhususkan diri pada pinjaman perumahan untuk pembelian real estat dan penyerahan kembali. Jika Anda mencari pinjaman hipotek berlisensi, pinjaman pribadi, pinjaman perumahan, pinjaman modal dengan bunga yang sangat terjangkau sebesar 2%, maka Anda berada di perusahaan yang tepat untuk kebebasan finansial Anda .. hubungi kami hari ini.
    hubungi kami hari ini via email: robertwestradefinancefirm@gmail.com
    Yang kita butuhkan adalah informasi Anda dalam format di bawah ini
     
    DETAIL PEMOHON
    1) Nama Lengkap:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) Jenis Kelamin:
    5) Status Perkawinan:
    6) Pekerjaan:
    7) Nomor Telepon:
    8) Posisi saat ini sebagai pengganti pekerjaan:
    9) Pendapatan bulanan:
    10) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan:
    11) Durasi Pinjaman:
    12) Tujuan Pinjaman:
    13) Agama:
    14) Sudahkah anda melamar sebelumnya:
    15) Nama Facebook:
    16) Nomor Whatsapp:
    17) Instagram Username:
    18) Apakah Anda berbicara bahasa Inggris:
    19) Tanggal lahir:

    Bila Anda mendaftar bersama kami, Anda mendaftar dengan perusahaan tepercaya yang peduli dengan kebutuhan finansial Anda. Kami akan mengurus Anda melalui keseluruhan proses
    Kami akan selalu melakukan yang terbaik untuk menentukan apa yang dapat Anda bayar dengan nyaman dengan mempertimbangkan keadaan keuangan pribadi Anda saat ini dan kemudian menetapkan jumlah pinjaman Anda sesuai dengan itu. hubungi saya via
    Email: robertwestradefinancefirm@gmail.com

    Salam
    Dr Robert West

    BalasHapus
  8. Selamat siang pak / nyonya

    Kami menyambut Anda ke PERUSAHAAN PINJAMAN ELIZEBETH ISAAC, di mana kami memberikan pinjaman asli dan serius seperti:



    LAYANAN PINJAMAN TERSEDIA TERMASUK:
    ================================
    * Pinjaman Komersial.
    * Pinjaman pribadi.
    * Pinjaman Bisnis.
    * Pinjaman Investasi.
    * Pinjaman Pembangunan.
    * Pinjaman Akuisisi.
    * Pinjaman konstruksi.
    * Pinjaman Kartu Kredit
    * Pinjaman Konsolidasi Utang
    * Pinjaman bisnis dan lainnya:

    Kami memberikan pinjaman bunga 2% tanpa agunan, sehingga kami dapat mengatakan bahwa kami memberikan PINJAMAN TANPA Agunan, Anda tidak perlu merasa buruk atau kecewa dengan bank yang meminta agunan, cukup hubungi kami dengan mengirim email kepada kami di:

    elizebethisaac@gmail.com

    Terima kasih

    kami menunggu untuk mendengar dari Anda segera

    BalasHapus
  9. untuk semua orang, Tuhan pasti akan menjawab semua pemberi pinjaman palsu yang mencuri uang kami dengan menyamar sebagai pemberi pinjaman kepada kami, mereka datang dengan segala macam pembicaraan manis seperti memberikan pinjaman dengan tingkat bunga rendah, mereka semua penipuan kecuali Ibu yang baik. Rossa Stanley company, yang merupakan satu-satunya pemberi pinjaman sejati dan asli yang meminjamkan 2% suku bunga, inilah kisah saya, nama saya annisa dari bali, indonesia, pemilik restoran, jangan terkecoh atau takut bahwa pinjaman tidak dapat diperoleh dari internet, adalah mungkin dan saya adalah penerima pinjaman internet. Saya membaca beberapa komentar Anda tentang bagaimana Anda ditipu, Ya mereka scammer, dan mereka juga pemberi pinjaman nyata. Dan ibu rossa adalah salah satunya. Karena banyak yang scam lenders, saya awalnya skeptis, saya memutuskan untuk meminta ibu rossa untuk pinjaman, jadi saya menghubungi ibu rossa untuk permintaan pinjaman saya sebesar Rp100.000.000,00 dan dalam 24 Jam, pinjaman saya disetujui dan dikirim ke rekening bank BCA saya, dan pinjaman ini datang dengan bunga sangat rendah 2% tidak seperti bank di Indonesia yang memberikan pinjaman 7% atau lebih, saya harus mengakui ketika saya mendapat uang, saya terkejut dan masih terkejut sampai saat ini, meskipun ada beberapa yang ditolak karena mereka tidak memenuhi syarat untuk pinjaman. Tetapi saya diberikan karena keseriusan dan pendekatan saya yang tulus, saya mendapatkan pinjaman saya, dan ketika saya bertanya kepada ibu rossa bagaimana dia mendapatkan uang yang dia pinjamkan kepada banyak orang dia mengatakan itu didukung oleh negara-negara bersatu dan bank dunia untuk membantu orang miskin sekitar ASIA dan AFRIKA untuk mengurangi kemiskinan saya tidak dapat berhenti mengucapkan terima kasih kepada ibu rossa untuk mengeluarkan saya dan keluarga saya dari kemiskinan, jadi saya merasa karena dia baik dan baik kepada saya, saya perlu berbagi berita tentang perusahaannya sehingga orang-orang akan tahu tentang dia perusahaan pinjaman dan juga menghindari jatuh untuk peminjam palsu yang membanjiri di mana-mana dengan cerita palsu., Anda dapat berbicara dengan ibu rossa melalui email, whatsapp dan teks, saya merasa dibandingkan dengan berbagi rincian ini tetapi banyak yang sangat tidak serius dan akan menelepon ibu jadi Saya hanya bisa memberikan alamat surelnya untuk menghubungi ibu rossa yang rossastanleyloancompany@gmail.com, jika Anda menghubungi mereka, mereka akan menjawab Anda dengan cepat dan jika Anda ragu apa pun Anda dapat menghubungi saya di facebook @ annisa berkarya atau email saya di annisaberkarya@gmail.com. semoga ALLAH terus memberkati dan melindungi wanita yang baik dan pengertian rossa stanley ini.

    BalasHapus
  10. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    BalasHapus
  11. Halo,
    nama saya Siti Aminah dari Indonesia, tolong saya sarankan semua orang di sini harus sangat berhati-hati, karena ada begitu banyak pemberi pinjaman pinjaman palsu di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah ditipu oleh 4 pemberi pinjaman yang berbeda, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang karena hutang.

    Saya hampir menyerah sampai saya meminta saran dari seorang teman yang memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman asli dan perusahaan yang sangat andal yaitu Bunda Alicia Radu yang mendapatkan pinjaman saya dari 800 juta rupiah Indonesia dalam waktu kurang dari 24 jam Tanpa tekanan dan tekanan suku bunga rendah 2%. Saya sangat terkejut ketika memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta telah ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan sehingga saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dari Bunda Alicia Radu

    Saya ingin Anda mempercayai Bunda Alicia Radu dengan sepenuh hati karena ia sangat membantu dalam hidup saya dan kehidupan finansial saya. Anda harus menganggap diri Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (sitiaminah6749@gmail.com) jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman dari Ibu Alicia Radu, Anda sangat bebas untuk menghubungi saya dan saya akan dengan senang hati menjawab Anda karena Anda juga dapat membantu orang lain setelah Anda menerima pinjaman Anda.

    BalasHapus