Senin, 16 Juli 2012

ISENG MAIN ITUNG-ITUNGAN DI PAGI HARI :)

Beberapa waktu lalu saya ngobrol-ngobrol sama tukang soto yang biasa mangkal di pinggir jalan. Si Pak tukang soto -sebut saja namanya Jonathan- jualan soto Rp 10 ribu per mangkok. Dalam sehari rata-rata Pak Jon -panggilan kesayangannya- bisa jual 30-40 mangkok. Pak Jon jualan cuma dari jam 9 pagi sampai jam 2 siang. Kalau sehari Pak Jon jual 30 mangkok soto aja, berarti sehari omsetnya Rp 300 ribu. Bener nggak?

Saya lalu iseng-iseng ngitung, kalau katakanlah keuntungan per mangkok 30%, sehari Pak Jon bisa dapat untung dari berjualan soto Rp 90 ribu. Tiap Minggu Pak Jon istirahat, libur. Jadi sebln rata-rata dia jualan 25 hari. 25 hari x Rp 90 ribu = Rp 2.250.000, itu kalo sehari laku 30 mangkok doang ya.. Wah, nggak kalah dong penghasilan tukang soto ini sama gaji sarjana yang baru mulai kerja. Belum keuntungan dari jual minuman + kerupuk. Saya hitung-hitung, sebulan Pak Jon bisa ngantongin untung bersih Rp 3 jutaan! Orang kantoran kerja 9 jam sehari belom termasuk perjalanan ke kantor. Tukang soto kerja 9 jam sehari udah termasuk belanja + masak soto. "Pulang jualan, saya istirahat di rumah. Main sama anak-anak atau mancing karena saya hobi mancing," cerita Pak Jon, sederhana. Indahnya dunianya! :)

Ayo, siapa mau ikutan usaha jualan soto? Lumayan menggiurkan tuh keuntungannya, apalagi daripada nganggur. Nggak bisa bikin soto? Ajak orang yang bisa bikin soto untuk kerja sama. Biar keuntungannya lebih dari Rp 3 juta, jualannya jangan cuma 5 jam, variasi soto ditambah. Soto juga bisa dijual dengan harga lebih mahal, tinggal dibenahi kemasan dan strategi marketingnya.

Kok kayaknya gampang banget bikin usaha? Iya dong. Hidup udah susah, ngapain dibikin tambah ribet? Kalau belum-belum kita udah mikirnya usaha itu ribet, bisa nggak jalan-jalan rencana usaha kita. Tapi kalau di awal kita menyederhanakan cara pandang dan cara berpikir kita tentang usaha, kita akan lebih berani dan ringan untuk mulai melangkah. Selamat pagi semua!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar